Kamis, 21 Oktober 2010

Cara Mencegah Malware

Banyak para pemakai komputer telah menjadi korban virus, worm, trojan atau malware lain. Jika komputer Anda belum terinfeksi malware, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Gunakan dan selalu update antivirus.
Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.

Ubah password.
Malware mungkin sudahn tahu password anda. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, dll.

Update peranti-peranti lunak.
Update peranti lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.

Install dan aktifkan firewall.
Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer Anda. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.

Gunakan antispyware.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

Backup file.
Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.

ads

Ditulis Oleh : Zavadesignart Hari: 11.00 Kategori:

1 comments:

  1. saya benar2 tidak setuju dengan mengubah password secara berkala penggunaan password yang cukup rumit sudah cukup

    BalasHapus