Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal Struktur Theme Wordpress

Mengenal Struktur Theme Wordpress – Untuk anda yang berminat mengenal sedikit mengenai struktur theme wordpress, kang Rohman akan mencoba membahasnya dengan harapan anda dapat mengedit sendiri theme yang anda gunakan agar sesuai dengan keinginan.

Struktur theme wordpress sangat berbeda dengan struktur template blogger, dimanatemplate blogger hanya terdiri satu file sedangkan theme wordpress terdiri dari beberapa file serta folder yang terpisah namun tetap saling berhubungan.


Struktur Theme Wordpress

Pada dasarnya struktur theme wordpress yang satu dengan lainnya berbeda-beda tergantung dari perancang theme itu sendiri, namun bila anda sudah terbiasa dan mengetahui prinsip dasarnya, walaupun strukturnya berbeda anda akan tetap mengenalinya sehingga tidak akan kesulitan apabila melakukan edit.
Berikut adalah contoh struktur theme wordpress twentyeleven yang merupakan template default wordpress:

struktur twentyeleven


Walaupun berbeda, namun sebuah theme wordpress secara umum terdiri dari file utama yang terdiri dari :

  • header.php
  • index.php
  • single.php
  • page.php
  • 404.php
  • search.php
  • archive.php
  • author.php
  • sidebar.php
  • footer.php
  • function.php
  • style.css

header.php
Header.php memuat pengaturan yang berhubungan dengan header blog seperti tampilan header, meta tag dan lain sebagainya.

index.php
Index.php merupakan file yang khusus mengatur tampilan halaman depan blog anda. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan halaman depan (home page) kodenya di muat pada file ini.

single.php
Single.php adalah file yang mengatur khusus tampilan halaman single. Halaman single adalah halaman dimana anda membaca artikel secara keseluruhan pada suatu blog. 

page.php
Page.php adalah file yang mengatur khusus halaman statis (static page). Jadi, semua yang berhubungan dengan tampilan halaman statis diatur disini.

404.php
404.php adalah file yang mengatur khusus halaman kosong (not found) atau halaman 404. Bila suatu posting di hapus oleh admin blog, dan suatu saat kita membukanya, maka umumnya ada keterangan bahwa postingan yang kita buka tidak di temukan (not found). Nah, semua tampilan halaman tersebut diatur pada file ini.

search.php
Search.php adalah file yang khusus mengatur tampilan pencarian (search). Suatu blog umumnya terdapat kotak pencarian untuk memudahkan pengunjung blog mecari artikel yang dia inginkan, hasil dari pencarian tersebut tampilannya diatur pada file ini. 

archive.php
Archive.php adalah file yang khusus mengatur tampilan arsip blog.

author.php
Author.php adalah file yang khusus mengaturan tampilan author. Bila kita membaca suatu artikel di blog, umumnya terdapat tulisan : post by admin, bila tulisan admin di klik maka akan membuka halaman tersendiri yang berisi profile si author serta artikel yang pernah dia publikasikan. Tampilan halaman tersebut di atur dalam file author.php

sidebar.php
Sidebar.php adalah file yang khusus mengatur tampilan sidebar blog (kolom samping).

footer.php
Footer.php adalah file yang mengatur tampilan footer (kolom bawah).

Function.php
Function.php adalah file yang berisi fungsi-fungsi khusus agar fungsi tersebut berjalan sesuai dengan yang diingikan oleh desainer theme tersebut.

style.css
Style.css adalah file yang berisi kode-kode css untuk kepentingan pengaturan tampilan seluruh blog.

Bagaimana antar file saling terhubung?

Mungkin muncul pertanyaan di benak anda, bagaimana file serta folder yang terpisah bisa saling terhubung satu sama lain. Jawabannya adalah masing-masing file diwakili dengan kode tertentu atau ada kode pemanggilnya. Untuk file-file utama seperti header.php sidebar.php dan lain-lain terdapat suatu kode yang baku untuk mewakili atau memanggilnya.

header.php »
sidebar.php »
footer.php »

Sebagai contoh, bukalah file index.php pada theme twentyeleven. Berikut contoh kodenya :




Pada gambar terlihat terdapat kode-kode untuk mewakili file yang telah disebutkan. 

Untuk file yang telah baku terdapat kode khusus untuk mewakilinya, lalu bagaimana untuk file yang tidak baku seperti : iklan.php

Untuk mewakilinya, terdapat kode pemanggil dalam php. Contoh seperti ini :



Atau



Seperti yang kita tahu bahwa setiap tampilan baik itu halaman depan, arsip dan lain-lain diatur oleh file tersendiri, oleh karenanya apabila kita membuat file sendiri seperti iklan.php yang didalamnya berisi banyak kode, maka kita tidak perlu mengulang-ulang untuk menuliskan kode tersebut secara lengkap, namun cukup dengan kode pemanggil atau yang mewakilinya.

Sepertinya postingan ini sudah terlalu panjang dan tidak nyaman untuk dibaca, oleh karenanya panduan wordpress tentang mengenal struktur theme wordpress di cukupkan sekian.

ads

Ditulis Oleh : Zavadesignart Hari: 18.32 Kategori:

12 comments:

  1. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    BalasHapus
  2. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus
  3. Thx infonya gan,
    mmpir jg k t4 ane gan,
    http://sukakoa.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus
  5. This is the precise weblog for anybody who needs to seek information about this topic. You positively put a brand new spin on a subject that has been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    BalasHapus
  6. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    BalasHapus
  7. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    BalasHapus
  8. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    BalasHapus
  9. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    BalasHapus
  10. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

    BalasHapus