Sabtu, 23 Februari 2013

Membuka JPEG Dengan Camera Raw

Adobe Camera Raw adalah sebuah plugin yang sudah disertakan saat kita menginstall Photoshop. Sebenarnya tidak hanya Photoshop saja, karena plugin ini juga disertakan kalau kita menginstall Adobe After Effects.

Adobe Camera Raw bisa digunakan untuk membuka dan mengedit sebuah foto tanpa mengubah kondisi awal foto. Jadi pengolahan yang dilakukan pada foto hanya tersimpan dalam informasi metadata file fotonya. Foto asli masih seperti semula dan bisa dikembalikan ke kondisi awal setiap saat.

Meskipun Adobe Camera Raw pada mulanya didesain untuk memproses foto dalam format RAW, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk memproses format file JPEG, JPG atau TIFF. Keuntungan memakai Adobe Camera Raw untuk memproses foto adalah kemudahan dan kecepatan serta kontrol di Adobe Camera Raw relatif lebih sederhana dibanding di menu utama pada Photoshop.

Jika anda ingin membuka foto dengan format JPEG atau TIFF di Adobe Camera Raw, langkahnya:

1. Di menu utama Photoshop,(saya menggunakan Adobe Photoshop CS3): klikFile => Open As => browse lalu klik file JPEG/TIFF yang ingin dibuka.


2. Ubah pop up menu Open As menjadi Camera Raw 


4. Menu utama dalam camera Raw antara lain: Basic, Tone curve, detail, HSL Grayscale, split toning, lens corrections, camera calibration, presets…


Foto siap diolah di Adobe Camera Raw. Untuk menyimpannya Anda tinggal klikSave Image.


Selamat berkreasi dengan Camera Raw..

ads

Ditulis Oleh : Zavadesignart Hari: 18.57 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar